Users Online

> Guests Online: 1

> Members Online: 0

> Total Members: 43
> Newest Member: AbercromHaw

Forum Threads

Newest Threads
> Open order kaos anniv 2
Hottest Threads
No Threads created

Lelah Berkendara Membawa Musibah

CBR Club Indonesia Bekasi - Maraknya kecelakaan akibat pengendara kelelahan dan kantuk saat berkendara, membuat para pengguna Honda CBR di wilayah Bekasi tergerak untuk memberikan himbauan akan pentingnya keselamatan. CBR Club Indonesia (CCI) Bekasi, menggelar kegiatan kampanye keselamatan berkendara di Pendopo Alun-alun Kota Bekasi pada Sabtu (23/11/2019).

Mengambil tema Lelah Berkendara Membawa Musibah, CCI Bekasi menekankan bahaya lelah dan mengantuk saat berkendara seharusnya menjadi perhatian yang serius. Hal ini terlihat dengan masih banyaknya pengendara motor yang menyepelekan kondisi tersebut.

Riky Apriana Rachman selaku Ketua Umum (Ketum) CCI Bekasi mengatakan, dalam beberapa waktu belakang ini banyak informasi dari berbagai media mengenai kecelakaan baik ringan, maupun berat, bahkan hingga meninggal dunia yang diakibatkan karena memaksakan diri tetap berkendara ketika fisik sudah dalam keadaan lelah.

“Inilah yang menjadi dasar kami membuat agenda untuk mensosialisasikan dengan tema Lelah Berkendara Membawa Musibah (LEBAH).” ujar Ketum CCI Bekasi.

Sosialisasi LEBAH mengajak sekitar 100 pengemudi ojek online (Ojol) yang tergabung dalam komunitas KBCM (Keluarga Besar Cut Mutia Bekasi Timur), KBPHP (Kuda Besi Permata Hijau Permai) dan masyarakat sekitar.


Dalam kegiatan sosial ini, CCI Bekasi juga menghadirkan Dinal Saputra (Mewakili Walikota Kota Bekasi), AKP. Sri Indira P.S. Sos,MM (Wakasat Lantas Polres Metro Bekasi), Muftika Lutfiana, SKK (Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga), Dr. Jhonson (Dr. Rs Citra Harapan) dan Rio Octaviano (Badan Kehormatan RSA Indonesia).

Menurut Dr. Jhonson sebaiknya para pengendara menjaga pola tidur. 8 jam waktu efektif untuk tidur, namun tidak bisa dipungkiri jika kerjaan sedang deadline akan tidak seimbang dengab pola tidurnya. Maka jika keadaan kita lelah dalam mengendarai kendaraan sebaiknya jangan dipaksakan dan istirahat terlebih dahulu, seperti, tidur, stearching atau pemanasan. “Banyak asumsi bila minum kopi menghilangkan lelah namun faktanya tidak tepat, karena kopi hanya untuk meningkatkan konsentrasi sesaat saja, bukan solusi, kalau lelah ya istirahat.” ungkap Dr Johnson.


Hal yang sama juga diungkapkan Muftika Lutfiana, yang mengajak pengemudi ojol untuk selalu menjaga kesehatan, pola makan dan istirahat yang cukup sebelum beraktifitas atau berkendara. Tidak diperbolehkan minum minuman keras atau minuman yang menimbulkan efek mengantuk, agar tidak terjadi hal hal yg merugikan diri kita sendiri.


Sementara itu, perwakilan Bapak Wakil Walikota Kota Bekasi, Dinal Saputra, menghimbau agar pengemudi Ojol lebih peduli dengan keselamatan berkendara dan mengajak teman seprofesinya untuk terus mensosialisasikan ke masyarakat luas.


“ Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah analisa dan pahami kondisi badan sebelum berkendara, memungkin kana tau tidak. Rencankana perjalanan dengan melakukan sebuah pemetaan dari berapa jauh jarak tempuh, bagaimana medan yang akan ditempuh, dimana anda bisa beristirahat. Biasanya ketika perjalanan jauh, maximal berkendara adalah dua jam dalam posisi jalan lancar, dan satu jam dalam posisi jalan
tersendat.”Badan Kehormatan RSA Indonesia – Rio Oktaviano.


Tidak hanya kepada pengemudi Ojol, AKP. Sri Indira P.S. Sos, MM, menghimbau kepada kita ada 4 hal yang harys diperhatikan saat berkendara sepeda motor yaitu kuasai diri, kuasai kendaraan, kuasai faktor lingkungan, dan ikuti peraturan berlalu lintas. Dan bagi kalian semua bila telah merasakan lelah dan mengantuk silahkan untuk berhenti terlebih dahulu untuk beristirahat serta kembalikan stanima kalian hingga prima kembali untuk mengendarai sepeda motor. Salam Sehat, kuat, dan selamat.

Setelah acara sambutan, dilanjut dengan acara pembagian doorprize serta kuis, tidak lupa para peserta atau tamu undangan mengisi from pre test (sebelum acara dimulai) dan post test (setelah acara).



Terakhir acara kita mengadakan Ikrar bersama dilanjutkan dengan talkshow dari narasumber dalam mejawab pertanyaan dari peserta atau tamu undangan yang hadir serta ditutup dengan pembacaan doa dari member kita bang Syarifudin, kita berikan plakat untuk narasumber, tamu undangan yang telah dhadir diacara ini serta kita turun ke jalan untuk mensosialisasikan tentang Lelah berkendara membawa musibah (LEBAH).

Creator: Riky Aprianan Rachman, S. Tr. Par.






















No Comments have been Posted.

Post Comment

Please Login to Post a Comment.

Ratings

Rating is available to Members only.

Please login or register to vote.

No Ratings have been Posted.
335,878 unique visits